Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

30 Maret 2009

Bahan Dasar Karya Fiksi

Filed under: Spirit Writing — Joni Lis Efendi @ 04:42

oleh: Rinawati

Orang yang pandai memasak tentu membutuhkan resep untuk mengolah bahan-bahan dasar seperti sayuran segar dan bumbu-bumbu, sudah menjadi misalnya sayur sup yang lezat. Demikian juga untuk membuat sebuah tulisan, khususnya karya fiksi, dibutuhkan beberapa bahan dasar. Yang nantinya tergantung bagaimana mengolahnya agar lebih lezat dan nikmat dibaca. Adapun bahan-bahan dasar untuk membuat sebuah tulisan fiksi, seperti novel, nevelet, serial, cerpen dan tulisan kreatif lainnya, adalah.
Alur atau plot, adalah rangkaian peristiwa demi peristiwa yang menggerakkan cerita mencapai klimaks dan antiklimaks. Plot yang tergantung dari bagaimana kemahiran penulisnya. Alur yang baik terlihat pada logisnya rangkaian cerita dari satu alinea ke alinea berikutnya. Kemudian berkembang membentuk jalinan peristiwa yang mampu membangkitkan emosi atau ketegangan pembacanya.
Penokohan, merupakan karakter hidup dan berkerak dalam sebuah cerita. Kemampuan penulis untuk membentuk citra tokoh yang akan menggerakkan cerita. Biasanya melalui ciri-ciri karakter berupa sifat lahir atau ciri fisik, sifat batin, watak atau karakter dan kepribadiaan. Tokoh harus tampak hidup dan nyata sehingga pembaca mampu merasakan kehadirannya.
Konflik, merupakan pertentangan tokoh cerita dengan segala sesuatu yang melawan dirinya. Konflik bisa berupa perjuangan fisik melawan tokoh antagonis atau melawan emosi sang tokoh itu sendiri.
Latar atau setting, adalah segala keterangan mengenai tempat, waktu, ruang dan suasana, perasaan hati, cuaca, dan panorama yang nampak dalam sebuah cerita.
Tema, adalah gagasan utama yang ingin diekspresikan oleh penulis melalui jalinan peristiwa dalam sebuah cerita.
Bagi penulis pemula, perlu menguasai resep agar mampu mengolah kelima bahan dasar itu menjadi sebuah tulisan yang lezat dan enak dibaca. Namun terkadang butuh pembiasaan terlebih yang berkelanjutan, sebelum menjadi mahir dan andal.

Anggota FLP Riau

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: