Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

30 Maret 2009

Memancing Minat Menulis

Filed under: Spirit Writing — Joni Lis Efendi @ 04:30

Oleh Joni L. Efendi

Susah-susah gampang untuk memancing minat menulis. Ada saja alasan yang menyebabkan Anda malas menulis. Saya juga sering mengalami hal ini. Tepatnya kalau lagi tidak ada ide, bete, capek, pusing, banyak masalah, tidak konsentrasi dan lain-lain.
Banyak hal yang menghalangi Anda mulai menulis, nanti akan kita bahas kebiasaan ini lanjut. Namun dari semua itu, memancing minat untuk menulis menjadi bagian awal yang harus Anda perhatikan. Nah, permasalahannya terletak di sini. Bagaimana cara kita mengakrabi kegiatan menulis itu. Saya akan memberikan kepada Anda saran-saran berikut ini.
Saran pertama, bagilah waktu Anda. Ini bukan berarti Anda harus full time menulis. Anda bisa melakukan aktivitas yang lain tanpa mengabaikan agenda menulis Anda.
Saran kedua, timbulkan motivasi. Menulis mampu memotivasi Anda, dan Anda butuh motivasi untuk menulis. Tugas Anda hanya mensinergiskan saja suasana hati Anda.
Saran ketiga, sadari manfaat dari kebiasaan menulis. Aktivitas menulis sebenarnya mampu mengatasi ketegangan pikiran atau stres yang Anda alami.
Saran keempat, banyak membaca buku karya penulis terkenal. Ini akan memacu semangat Anda untuk menulis. Langkah tepatnya, jadilah pembaca aktif.
Saran kelima, bergabunglah dengan kelompok menulis dan ikutilah pelatihan kepenulisan. Anda akan banyak mendapatkan hal baru bila berada dalam komunitas ini.
Saran kelima, kalau Anda sudah merasa yakin, kirimkan naskah Anda ke media cetak atau penerbit buku. Bila karya Anda pernah dimuat atau diterbitkan, pastinya Anda akan lebih terpacu untuk menulis.
Saran keenam, nikmati aktivitas menulis Anda.
Saran ketujuh, selamat mencoba!

Anda bisa konsultasi mengenai seputar penulisan fiksi ke email:
fun_writing @yahoo.co.id
Privat menulis kreatif hubungi HP. 081275 853550 (Pekanbaru)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: