Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

30 Maret 2009

Membiasakan Menulis

Filed under: Spirit Writing — Joni Lis Efendi @ 04:51

Oleh Joni L. Efendi

Anda awal-awalnya sangat kaku untuk mulai menulis. Otot-otot Anda belum terbiasa dan gerakannya agak lambat. Anda pun kesulitan mencari sebuah ide. Hal ini yang sering menjadi alasan kenapa orang malas menulis; nggak ada ide!

Ide itu tidak bisa didatangkan dengan cara paksa. Dia itu unik bin aneh. Pas lagi tidak berkeinginan menulis, eh dia malah nongol dan menyontak-nyontak ingin dikeluarkan segera. Tapi yang membuat kesal ketika akan menuliskannya, dianya malah hilang entah ke mana.

Jangan panik dulu! Itu hanya karena Anda belum akrab saja dengan yang namanya ide itu. Sebenarnya ide itu tidak terlalu sulit dicari. Hal-hal sepeleh pun bisa dijadikan ide sebuah cerita. Asalkan Anda jeli dan cepat tanggap kalau tiba-tiba Anda ketiban sebuah ide. Segera catat dan jangan tunggu-tunggu atau menunda untuk mencatatnya. Kunci agar Anda cepat tanggap adalah dengan membiasakan diri menulis.

Membiasakan menulis secara tidak sadar sebenarnya Anda tengah berakrab-akrab dengan si ide itu. Lama-lama Anda akan menjadi akrab sendiri dengannya. Ini bukan hanya sekedar teori, tapi saya sangat merasakan manfaat dengan kebiasaan satu ini. Tak heran kalau ke mana pun saya pergi, sebuah buku catatan dan pena selalu saya masukan kedalam tas saya. Pas terlintas ada sebuah ide, langsung saya catat detik itu juga. Kalau ada waktu, saya akan memberikan diskripsi singkat mengenai ide itu, bisa berupa alur cerita atau sekedar coret-coretan singkat saja.

Biasanya saya juga sangat rajin mencoret-coret (menulis maksudnya) buku catatan saya, walau tidak ada satu ide pun dalam kepala saya. Ketika saya membaca ulang tulisan “asal” itu, tiba-tiba saya mendapatkan ide-ide cantik menyelip di antaranya. Saya pun menggarisbawahinya dan siap untuk digarap lebih lanjut.

Sebagai seorang pemula dalam tulis-menulis, merupakan kebiasaan yang sangat positif kalau Anda membiasakan menulis. Baik hanya sekedar iseng atau menindaklanjuti sebuah ide yang telah Anda catat kemarin. Ingat! Jangan biarkan sebuah ide terbang dari kepala Anda. Seremeh apapun ide itu jangan Anda anggap enteng, sebab ia adalah cikal mutiara sebuah tulisan hebat.

Anda bisa konsultasi mengenai seputar penulisan fiksi ke email:
fun_writing @yahoo.co.id
Privat menulis kreatif hubungi HP. 081275 853550 (Pekanbaru)

2 Komentar »

  1. Assalamu’alaikum, Joni, mb Rina, Alhamdulillah, bisa ketemu lagi di sini!

    Saya sering baca juga tulisan Joni di Ummi, sorry mb Rina, saya belum ketemu tulisannya. Mudah2an FLP Pekanbaru semakin sukses saja ya. I’ve got my own blog, tapi yah, gitu deh, jangan berharap banyak:) Please come ini.

    Wassalam,

    Komentar oleh Monita Olivia — 21 Oktober 2009 @ 12:22 | Balas

    • WAssalamu’alaikum…
      Maaf telat balas dah keseringan gk buka blog… alhamdulillah kabar FLP Pku makin baik, ne sdh rekrutmen anggota baru angkatan ke-5. Alhamdulillah bulan ne ada pengurus FLP Pku dan Riau yg juara lomba cerpen nasional.
      Kalo lomba level Riau sdh jadi langganan qita yg menang malah ada yg sapu bersih dari juara 1,2,3, FLP semua…
      Kapan ne qt reunian perintis bangkitnya FLP Riau?

      Komentar oleh Joni Lis Efendi — 21 November 2009 @ 10:01 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

