Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

30 Maret 2009

Menjadi Penulis Andal

Filed under: Spirit Writing — Joni Lis Efendi @ 04:29

Oleh Joni L. Efendi
“Ya, menuliskan apa saja ke selembar kertas berarti saya sebenarnya sedang berusaha keras untuk jujur kepada diri saya sendiri”, begitu yang dikatakan Hernowo, penulis buku, “Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza”.
Berangkat dari sini, kita bisa mencermati bahwa menulis itu bukan sekedar membubuhkan huruf-huruf di atas kertas. Saat menulis sebenarnya Anda sedang berdialog dengan diri Anda sendiri. “Siapa Anda? Akan terpampang apa adanya dari tulisan Anda,” begitu kata Irene B. Levitt seorang ahli grafologi Amerika. Lebih jauh lagi, menulis adalah mekanisme puncak dari sebuah hasil pemikiran. Dapatkah Anda menulis tanpa ada yang Anda pikirkan tentang apa yang akan Anda tulis?
Menulis merupakan elemen dasar komunikasi. Kemampuan menulis menjadi standar penting dalam dunia kerja. Menulis bukan hanya terbatas pada bidang akademis. Menulis telah masuk ke seluruh lini kehidupan manusia modern.
Menulis itu merupakan ciri terpenting sebuah pembelajaran. Bobbi dePorter penulis buku bestseller Quantum Learning dan Quantum Bisnis menempatkan kemampuan menulis sebagai indikator utama keberhasilan seseorang. Anda adalah orang yang gagal, apabila Anda tidak mampu mengkomunikasikan apa yang ada dalam pikiran Anda kedalam bentuk tulisan. Menulis itu merupakan kemampuan dasar yang harus Anda miliki. Tapi menulis butuh keterampilan khusus. Mustahil seseorang tanpa latihan khusus tiba-tiba menjadi penulis handal. Sama seperti anak kecil yang belajar berjalan, pasti dia akan jatuh dan jatuh lagi. Sebelum keseimbangan dan kekuatan kakinya mampu menopang tubuhnya.
Begitu juga dengan menulis, tidak ada dalam kamusnya bahwa menjadi penulis hebat dalam satu malam. Semuanya butuh latihan dan proses. Betapa banyak orang yang ingin menjadi penulis handal tapi mereka tidak mau mengambil konsekuensi ini. Berangkat dari itu semua, kami dari Fun Writing Club (FWC) Pekanbaru ingin berbagai ilmu dan pengalaman. Sebagai ajang kita saling berbagi pengalaman dan ilmu dalam teknik kepenulisan, khususnya fiksi. Semoga rubrik ini bisa bermanfaat bagi kita semua.*

Anda bisa konsultasi mengenai seputar penulisan fiksi ke email:
fun_writing @yahoo.co.id
Privat menulis kreatif hubungi HP. 081275 853550 (Pekanbaru
)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: