Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

30 Maret 2009

Tips Mulai Menulis

Filed under: Spirit Writing — Joni Lis Efendi @ 04:26

Oleh Joni L. Efendi
Bagi Orang Yang belum terbiasa, menulis merupakan pekerjaan yang paling sulit. Bagi sebagian orang menulis itu mudah. Mungkin saja bagi mereka yang sudah menjadikan menulis sebagai lahan hidup, seperti wartawan, penulis cerpen, novel, buku, atau pratisi kepenulisan yang lain. Terkadang bila ditanyakan kepada mereka, apakah mereka lancar-lancar saja dalam menulis? Jawabannya pasti “tidak”.
Sebenarnya tidak ada kiat khusus atau tips baku untuk menulis. Kata kuncinya, “tulis dan tulis terus”. Keseringan membaca buku kiat menulis, kadang-kadang malah membuat kita jadi ciut semangat. Namun dari sisi yang lain, ada baiknya Anda banyak mendapatkan refresensi (bahan bacaan) semacam ini. Terutama untuk menjaga suasana hati Anda agar termotivasi untuk selalu menulis. Tips berikut ini dapat membantu Anda untuk memunculkan motivasi dan mempertahankan suasana hati selama menulis.
Pertama, pancing minat Anda untuk menulis. Caranya, menulislah di tempat yang bisa membuat Anda lebih rileks dan enjoy. Ide Anda akan mudah mengalir di sini. Biasanya tempat yang sunyi dan tidak banyak gangguannya sangat cocok bagi Anda.
Kedua, fokuskan konsentrasi Anda kepada bahan apa yang akan Anda tulis. Garaplah ide Anda dengan baik lalu tuliskan.
Ketiga, hindari gangguan sekecil apapun yang bisa membuyarkan konsentrasi Anda. Sebelum mulai menulis, periksa semua keperluan Anda atau selesaikan semua tugas Anda terlebih dahulu, ini sifatnya kondisional saja.
Keempat, biasakan menulis catatan harian (diari) atau catatan saku di manapun Anda berada. Sempatkan lima sampai sepuluh menit menulis di buku harian Anda.
Kelima, bersikap baiklah kepada diri sendiri. Bila Anda sudah merasa letih, berhentilah sejenak dan beralihlah kepada aktivitas yang lain. Setelah itu kembalilah, Anda pasti akan mendapatkan ide yang lebih segar lagi.
Keenam, mudah-mudah bermanfaat.

Anda bisa konsultasi mengenai seputar penulisan fiksi ke email:
fun_writing @yahoo.co.id
Privat menulis kreatif hubungi HP. 081275 853550 (Pekanbaru)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: