Dahsyatkan Dirimu dengan Menulis

3 April 2009

Pelatihan Penulisan Nasional dan Sertifikasi untuk Guru

Filed under: Privat Menulis — Joni Lis Efendi @ 04:26

s7302402

Salah satu komponen penting dalam penilaian kompetensi guru untuk mendapatkan sertifikasi adalah kemampuan menulis. Sangat erat hubungannya antara kemampuan menulis ini dengan proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Karena itulah, publikasi karya tulis yang dihasilkan oleh guru dapat menambah kum untuk menambah poin sertifikasi.
Namun untuk dapat menghasilkan tulisan yang terpublikasikan di media massa butuh keterampilan khusus. Untuk itulah, sangat penting diadakan workshop, bengkel, atau pelatihan kepenulisan untuk guru. Biasanya jenis pelatihan yang paling relevan untuk kepentingan sertifikasi guru adalah pelatihan karya ilmiah populer (seperti artikel, esai, feature, buku dan resensi, selain juga bisa berupa pelatihan menulis kreatif lainnya seperti cerpen, puisi, drama dan novel).

Iven-iven pelatihan penulisan kreatif ini masih sangat terbatas. Sebenarnya ini adalah bagian integral dari program sertifikasi guru. Ini adalah peluang yang sangat menarik bagi organisasi kepenulisan seperti FLP untuk mengambil bagian dengan mengadakan iven kepenulisan seperti ini.
Nah, kami menawarkan beberapa alternatif dalam penyelenggaraannnya, dengan tanpa harus mengeluarkan modal dari kocek kas FLP sendiri. Kelebihan dana peletihan bisa dipakai untuk kepentingan dan keperluan kegiatan FLP yang lain.

Berikut ini proposal mini dari kegiatan pelatihan penulisan dan sertifikasi untuk guru.Sertifikasi merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar dan mendidik. Terobosan ini merupakan implikasi dari kebijakan pemerintah yang tertuang dalam UU Pendidikan. Sertifikasi bermakna ganda bagi guru, baik untuk meningkatkan kemampuan mengajar, sekaligus meningkatkan tingkat kesejahteraan yang lebih baik. Guru yang telah bersertifikasi akan mendapatkan tambahan penghasilan dari tunjangan-tunjungan fungsional maupun kesejahteraan.

Bentuk Kegiatan
Pelatihan Penulisan Nasional dan Sertifikasi untuk Guru

Tujuan
Meningkatkan kompetensi guru dengan penguasaan kemampuan kepenulisan yang baik.

Peserta
Guru (SD-SMA/SMK) baik negeri maupun swasta. Kalau membludak bisa dibagi menjadi beberapa angkatan: Angkatan I, Angkatan II dst. Tiap angkatan idealnya 200-250 orang peserta.

Pendanaan
Kontribusi peserta (minimal Rp150.000,-)
Dana pendamping dari Dinas Pendidikan atau PGRI di daerah masing-masing.

Bentuk Tawaran Kerja sama
– Dinas Pendidikan daerah (dana pendamping, biasanya sudah dianggarkan, untuk kegiatan sosialisasi sertifikasi guru, target minimal untuk honor pembicara)
– PGRI (fasilitas tempat, pembicara dan sebagainya)
– Koran lokal (untuk iklan sosialisasi kegiatan yang bersifat mutualisme, misalkan Rp100 ribu dari kontribusi peserta untuk langganan koran mereka selama satu bulan)
– Sekolah-sekolah, untuk peserta.

Fasilitas
Sertifikat, snack, makan siang dan gratis langganan koran lokal selama satu bulan.

Pembicara
– dari Dinas pendidikan
– dari PGRI atau tim sertifikasi biasanya dari perguruan tinggi
– wartawan
– penulis nasional (Fun Writing Club juga menyediakan pembicara level nasional yang berpengalaman)

Keuntungan bersih yang diperoleh dari kegiatan ini berkisar dari Rp 5-10 juta, angka yang sangat lumayan untuk mengongkosi kegiatan FLP di masing-masing daerah.
Kalo lobinya mantep, ini bisa jadi kegiatan silmutan tiap tahun yang diadakan oleh FLP dengan dinas pendidikan di masing-masing daerah. Sangat membantu sekali. Dan ini sudah terbukti khususnya di Riau dan Kepulauan Riau, pesertanya membludak sampai
Fun Writing Club bersedia membantu menyusun agenda pelatihan dan menyediakan pemateri yang kompeten dengan biaya yang sangat terjangkau, silahkan klik di Bengkel Menulis Kreatif.

1 Komentar »

  1. boleh dicoba kayaknya. tapi ngurusin yg di depan mata dulu

    Komentar oleh tari — 22 April 2009 @ 12:21 | Balas


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: